Kredit Modal Usaha Sampai 500 Juta Dengan KUR Bank BNI

158 views

KUR Bank BNI, Bagi seorang pengusaha atau wirausahawan, keterdesiaan modal juga menjadi kunci penentu dari keberhasilan sebuah usaha yang dijalankan. Oleh karena itu bank BNI yang merupakan salah satu bank BUMN negara menghadirkan paket kredit dengan bunga murah sampai 500 Juta dengan KUR Bank BNI.

Paket kredit ini dikhususkan bagi pengusaha atau wirausahawan baik Mikro, Kecil dan menengah. Untuk usaha mikro plafon atau maksimal pinjaman hingga 25 Juta dengan tenor maks hingga 3 tahun. Sementara bagi usaha kecil dan menengah disediakan plafon hingga 500 juta yang dapat diangsur selama 3-5 tahun (untuk kredit investasi).

Untuk agunan yang disyaratkan bank BNI tidak menarik jaminan untuk kredit mikro, sedangkan bagi pengusaha kecil dan menengah diharuskan menyertakan jaminan berupa SHM baik rumah, tanah atau ruko. Dengan bunga yang ringan, tentu produk ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan modal pengembangan usaha.

Baca Juga : Kredit Usaha Pemerintah Bunga 6% Pertahun Dengan KUR Bank BTN

Syarat Pengajuan KUR Bank BNI

Sebelum anda siap melakukan pengajuan permohonan kredit usaha rakyat ini, ada baiknya anda melengkapi persyaratan dan berkas yang dibutuhkan saat pengajuan, diantaranya

Persyaratan Umum

  1. WNI (warga negara Indonesia)
  2. Berusia min 21 tahun saat pengajuan atau sudah menikah
  3. Memiliki usaha yang sudah berjalan Min 6 bulan
  4. Tidak memiliki masalah dalam BI Checking (tidak pernah memiliki tunggakan kredit)
  5. Belum pernah atau tidak sedang mendatkan pinjaman KUR baik dari BNI maupun bank penyalur lainya
  6. Memiliki jaminan atau agunan SHM atau BPKB Kendaraan (pinjaman diatas 50 Juta)

Persyaratan Dokumen

  1. Fotokopi KTP el (E-KTP)
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah)
  4. Surat ijin usaha (SIUP, TDP, SITU, HO) atau keterangan usaha dari desa atau kecamatan
  5. Fotokopi dokumen jaminan untuk kredit di atas Rp 50 juta (SHM, IMB, PBB atau BPKB kendaraan)
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk kredit diatas Rp 50 juta

Cara Pengajuan KUR Bank BNI

Layaknya pengajuan KUR pada bank penyalur lainya, pastikan anda tidak memiliki catatan buruk di dunia perbankan atau leasing baik gagal bayar, angsuran bermasalah atau masalah lainya. Selanjutnya pastikan anda belum pernah mengajukan atau sedang menikmati pinjaman KUR dari bank lain.
Jika dua syarat utama diatas sudah beres, selanjutnya bawa berkas dan persyaratan yang dibutuhkan menuju ke kantor cabang BNI terdekat di kota anda. Selanjutnya anda akan diminta mengisi form pengajuan pinjaman KUR, pilih jumlah pinjaman dan tenor yang anda inginkan.
Selanjutnya mantri akan akan melakukan Survey KUR BNI  dimana mantri atau surveior akan melakukan wawancara terkait usaha anda dan menilai apakah usaha anda layak diberikan pinjaman modal. Jika sudah pada umumnya dalam waktu 3 hari kerja  bank akan menghubungi anda terkait keputusan kredit anda.

Jika di ACC bank akan menghubungi anda dan meminta anda datang ke kantor bank kembali untuk tanda tangan kontrak kredit beserta penyerahan surat jaminan. Terakhir bank akan meminta anda membuka rekening BNI untuk pencairan pinjaman serta pembayaran angsuran. Saat ACC anda akan diminta untuk membayar biaya administrasi serta biaya notaris KUR BNI ditambah biaya pengendapan saldo sejumlah 1x angsuran untuk pembayaran terakhir kredit nantinya.

Baca Juga : Pinjaman Modal Usaha Cepat Sampai 200 Juta Dengan KUR Mandiri Syariah

Tenor dan Limit Pinjaman KUR Bank BNI

Secara umum, bank BNI menyediakan limit atau plafon pinjaman untuk usaha mikro sampai 25 Juta, sedangkan untuk usaha kecil dan menengah sampai 500 Juta dengan tenor atau waktu pinjaman antara 1 sampai dengan 5 tahun. Secara lebih detail anda dapat menyimak tabel dibawah.

Tabel Angsuran KUR Bank BNI

 
Bank BNI menerapkan denda 5% pertahun dari saldo untuk tunggakan nasabah yang bermasalah. Oleh karena itu jika anda sudah mendapatkan fasilitas kredit ini sebaiknya anda membayar angsuran secara rutin agar menghindari denda serta agar nama anda tidak di black list di Checking BI.
Perlu digaris bawahi, karena ini merupakan kredit subsidi pemerintah untuk pengembangan UMKM, pastikan anda memiliki usaha yang layak sebelum mengajukan. Paket kredit ini dapat diajukan oleh perorangan pemilik usaha, badan usaha dan kelompok usaha.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *