Tips Mengatur Keuangan dengan Penghasilan Tak Tetap

68 views

Perlu Anda ketahui nih bahwasannya memilih sebuah pekerjaan sebagai fleelance atau pun membuka usaha sendiri memang akan memberi rasa kebebasan bagi Anda, akan tetapi kebebasan tersebut juga berbanding terbalik dengan kondisi keuangan Anda pastinya memiliki status penghasilan tak tetap.

Tak ada pemasukan secara berkala sehingga hal yang demikian ini akan menjadikan Anda kesulita di dalam menyeimbangkan gaya hidup serta merencanakan masa depan yang lebih baik, sebab Anda bukanlah pekerja tetap, sebaiknya Anda bisa mengatur keuangan di dalam kondisi yang seperti itu. Nah, kami kutipkan dari laman Money.id ada beberapa tips buat Anda yang tidak memiliki pemasukan tetap akan tetapi masih ingin mengatur keuangan supaya jadi lebih baik.

Img : pxhere.com

Mengatur keuangan dengan penghasilan yang tak tetap

Menghindari pola pikir bulan tua dan bulan muda

Pada saat memiliki sebuah pekerjaan dan juga pemasukkan, mudah sekali rasanya untuk cepat berpuas diri dan merasa ingin berfoya-foya, akan tetapi pada saat uang mulai menipis, barulah ingin berhemat. Bila Anda memang menginginkan kondisi financial tetap sehat dan juga stabil, maka segera hentikan gaya hidup yang ekstrem tersebut. Sah-sah saja sih menikmati pengeluaran ekstra, tapi jangan sampai ya Anda kapal dan juga menjadikan kondisi keuangan Anda jadi tidak stabil.

Memberi gaji pada diri sendiri

Nilai penghasilan tak tetap bukanlah berarti kondisi keuangan Anda luntang-lantung di setiap bulannya, Anda adalah seorang bos bagi diri sendiri, jadi tak ada yang salah jika Anda mengaji diri sendiri. Monitor pengeluaran Anda dengan baik dan ketat selama satu bulannya dan cari tahu berapa nilai minimal yang Anda perlukan untuk bisa bertahan hidup selama satu bulannya.

 

Membuat rekening tabungan yang terpisah

Hal yang satu ini bertujuan untuk lebih memudahkan Anda di dalam mengatur gaji seperti pada poin yang pertama, pecah rekening Anda minimal jadi tiga, yakni rekening bisnis atau usaha, rekening kebutuhan pribadi, dan juga rekening emergency. Jadikan rekening bisnis Anda tersebut sebagai rekening utama untuk diisi komisi atau pun penghasilan apapun yang sudah Anda dapatkan dari klien. Dari rekening bisnis inilah, transfer lagi nominal yang telah Anda butuhkan ke rekening pribadi dan juga emergency, yakni gaji Anda.

Demikian tadi informasi tentang tips mengatur keuangan dengan penghasilan tak tetap yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *