7 Cara Mudah Agar Pengajuan KUR Langsung ACC Dengan Cepat

375 views

Apakah bisa Pengajuan KUR Langsung ACC? Banyak pengusaha mengeluh akan kebutuhan modal usaha yang semakin meningkat, hal ini dapat disebabkan oleh permintaan pasar yang tinggi, harga bahan baku yang naik atau menambah stock barang agar tidak kalah dari kompetitor. Salah satu produk pinjaman dengan modal ringan yaitu menggunakan produk pinjaman yang disubsidi oleh pemerintah melalui produk KUR (Kredit Usaha Rakyat)

KUR sendiri merupakan salah satu produk pinjaman dengan bunga ringan, berdasarkan bunga yuang diterapkan saat ini hanya 6% pertahun flat dengan jangka waktu mulai dari satu tahun hingga lima tahun masa pinjam. Limit yang diberikan juga cukup tinggi sesuai kebutuhan berkisar antara satu juta hingga 500 juta. Dengan persyaratan yang relatif mudah serta tentunya bunga yang ringan menjadikan solusi terbaik bagi perkembangan bisnis khususnya di sektor UMKM.

Bagaimana Cara Pengajuan KUR Langsung ACC Dengan Cepat

Sampai saat ini, faktanya masih banyak yang masih tidak tahu dan bingung bagaimana mendapatkan pinjaman KUR atau saat pengajuan selalu ditolak oleh pihak bank. Lantas Bagaimana cara agar pinjaman KUR langsung ACC dengan cepat. berikut pembahasan kami seputar 7 trik mudah agar Pengajuan KUR Langsung ACC Dengan Cepat

Pastikan Anda Memiliki Usaha

KUR secara spesifik ditujukan pada sektor pengembangan usaha baik mikro, kecil dan menengah, oleh karena itu jika anda mengajukan KUR syarat mutlak yang diperlukan adalah memiliki usaha yang layak dan sudah berjalan minimal 6 bulan atau satu tahun (sesuai kebijakan bank)

Pastikan Tujuan Pinjaman Anda Untuk Usaha

Produk kredit usaha rakyat merupakan salah satu produk pinjaman dengan bunga ringan yang ditujukan bagi pelaku wirausaha untuk pengembangan usaha yang dijalankan. Jadi jika anda mengajukan untuk keperluan konsumtif diluar usaha yang anda ajukan hampir 100% akan ditolak.

Baca Juga : Kenapa Pengajuan KUR Saya Ditolak dan Apa Alasanya

Ajukan Dokumen Surat Izin Usaha untuk KUR

Dalam persyaratan pengajuan pinjaman KUR, anda diwajibkan melampirkan surat izin usaha yang anda jalankan. Jika usaha anda dalam skala mikro atau kecil anda dapat meminta surat keterangan usaha di Desa atau kelurahan dimana anda menjalankan usaha anda.

Pastikan Anda Tidak Memiliki Riwayat Kredit Macet

Point ini yang sering menjadi kendala bagi banyak wirausahawan yang akan mengajukan pinjaman KUR. Dalam hal ini kredit macet yang dimaksudkan bukan hanya riwayat kredit bank, lebih spesifik juga termasuk riwayat kredit KPR, pinjaman leasing atau pinjaman lain yang tercatat dalam Checking BI. oleh karena itu pastikan anda memiliki riwayat pinjaman yang bersih agar saat anda melakukan Pengajuan KUR Langsung ACC Dengan Cepat.

Anda Tidak Memiliki Pinjaman KUR di Bank Lain

Secara lebih spesifik pinjaman KUR hanya dapat diajukan satu jalur. intinya jika anda sedang menerima pinjaman KUR dari bank satu anda tidak bisa mengajukan KUR lagi di bank lainya. Solusinya, anda dapat melakukan Top-up pinjaman di bank anda sebelumnya, atau setelah lunas anda dapat mengajukan KUR kembali.

Tata Usaha Yang Anda Jalankan

Point penting dalam pengajuan pinjaman KUR dalah anda memiliki usaha yang sudah berjalan. Banyak kasus dimana Mantri atau surveior KUR saat melakukan Survei pinjaman KUR mendapati usaha yang diajukan terkesan dibuat-buat atau settingan, hal inilah yang menyebabkan pinjaman gagal ACC. Oleh karena itu, tata dengan baik usaha anda dan pastikan melakukan pembukuan keuangan usaha agar bank yakin usaha anda berjalan semestinya dan juga sebagai penentu KUR Langsung ACC.

Baca Juga : Usaha atau Bisnis Apa Saja Yang Bisa Mengajukan KUR

Memiliki Jaminan Untuk KUR

Dalam beberapa bank, anda akan diminta agunan atau jaminan sebagai pengikat pinjaman yang anda ajukan. Dalam skala mikro anda dapat mengajukan jaminan berupa surat atau BPKB kendaraan baik sepeda motor maupun mobil, namun beberapa kasus bisa mengajukan KUR tanpa jaminan. Untuk pinjaman kelas kecil dan menengah diatas 50 juta pada umumnya bank akan meminta agunan berupa BPKB mobil atau surat rumah (SHM).

Itulah tadi pembahasan seputar 7 Cara Mudah Agar Pengajuan KUR Langsung ACC Dengan Cepat. Dari sisi mendasar Bank merupakan badan usaha dimana salah satu produk mereka adalah pinjaman, oleh karena itu bank membutuhkan nasabah agar usaha mereka juga berjalan.

Secara umum proses pengajuan KUR pada umumnya memakan waktu paling cepat 3 hari kerja, dimana hari pertama anda melakukan pengajuan, hari kedua pihak bank melakukan survei terkait usaha dan data anda serta hari ketiga untuk pencairan. Namun dilapangan banyak juga kendala seperti jumlah surveior yang terbatas serta masalah internal lainya yang membuat pengajuan anda bisa lebih lama.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *